Soloensis

Sejarah Desa Widodaren Lor ( Dung Jambal )

Kota Ngawi merupakan kota yang berada di Provinsi Jawa Timur. Kota yang memiliki tempat wisata dan sejarah yang orang akan rindu untuk kembali. Terdapat banyak desa yang menyimpan sejarah yang mungkin orang tidak banyak mengetahuinya. Salah satunya adalah Desa Widodaren Lor, desa yang berada di wilayah kecamatan Widodaren, Kabupaten Ngawi, terletak di daerah utara Bengawan Solo. Desa ini berada di bagian Ngawi barat, yang berbatasan dengan kabupaten Sragen.
Desa Widodaren Lor memiliki nama lain yaitu Kedung Jambal atau orang sering mengatakan ”dung jambal”, menurut legenda dan cerita dari ketua Rt desa Widodaren. Nama Dung Jambal itu tidak terlepas dari cerita bengawan solo yang merupakan satu aliran yang melewati desa tersebut.
Pada dahulu ada seorang warga desa yang menangkap ikan dengan samber atau jala yang besar karena bengawannya sangat dalam dengan demikian lalu ia mendapatkan ikan yang sangat besar dan karena hal itu desa tersebut diberi nama dengan sebutan Dung Jambal.
Mengapa dinamai sebutan lain kedung jambal? bagaimana desa tersebut mempunyai julukan yang begitu unik? Kedung jambal berasal dari kata jawa, “Dung” berarti dalam dan “Jambal” itu besar, dari dua suku kata tersebut jika digabungakan akan memiliki arti “sangat dalam dan besar”. Maksud dari dalam (Dung) itu air bengawan dan besar (Jambal) itu adalah ikan yang sangat besar, oleh karena itu desa tersebut memiliki julukan lain kedung jambal karena ada bengawan yang memiliki air yang sangat dalam dan ikan-ikannya sangat besar.
Kedung jambal menjadi tempat yang sangat berguna khususnya warga masyarakat sekitar. Masyarakat banyak memanfaatkan sumber air untuk berbagai kebutuhan sehari-hari dan sebagai mata pencaharian. Begitu banyak manfaat ada seperti sebagai irigasi persawahan, tempat mencari ikan, untuk kebutuhan MCK. Dalam hal itu sumber air yang ada merupakan sumber yang sangat berguna bagi masyarakat sehingga harus dijaga dengan sebaik-baiknya agar bisa digunakan untuk anak dan cucu kita nanti.

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Adi Falen

    Mahasiswa Iain Surakarta

    View all posts

    Add comment