Soloensis

Kacaunya Kehidupan Zaman Sekarang

Kacaunya kehidupan di Zaman sekarang

Kehidupan remaja zaman sekarang sangatlah memprihatinkan di mulai dari gaya hidup yang merupakan gambaran bagi setiap orang yang menggambarkan seberapa besar moral orang tersebut dalam masyarakat di sekitarnya dan bagaimana cara orang tersebut hidup.  

Seiring dengan berkembangnya zaman, pola hidup dan pola pikir masyarakat pun akan ikut berkembang. Tapi dengan perkembangan yang ada, tidak jarang membuat banyak orang menjadi pribadi yang lebih suka hidup dengan sendirinya. Seperti yang terjadi pada remaja-remaja sekarang,  mereka sering kali ingin memuaskan diri sendiri tanpa pikir panjang.  Remaja sekarang terbiasa berbelanja. Mereka membeli barang yang mereka inginkan, bukan yang dibutuhkan. 

Di zaman yang semakin maju dengan berbagai teknologi dan inovasi mengubah perilaku dan gaya hidup manusia di zaman ini. Tanpa sadar mereka yang hanya penasaran dengan kecanggihan handphone malah akhirnya menjadi kecanduan. Layaknya seperti ibadah yang diwajibkan.  Sehingga bagi seorang anak zaman sekarang gaya hidup dengan menggunakan handphone sudah menjadi makanan sehari-hari mereka. Bahkan jika tidak menyentuh handphone mereka bisa merasa gelisah karena sudah kecanduan.

Menurut Soerjono Soekanto, Lektor Kepala Sosiologi dan Hukum Adat di Fakultas Hukum Universitas Indonesia, gaya hidup modern diartikan sebagai sebuah perubahan secara sosial yang sebelumnya telah tersusun dan terencana sebelumnya. Sedangkan menurut Wilbert E. Moore, proses modernisasi diartikan sebagai transformasi total koeksistensi tradisional atau pramodern dalam hal teknologi dan organisasi sosial terhadap pola ekonomi dan politik yang menjadi ciri negara-negara barat yang stabil. 

 

Remaja zaman sekarang selalu dikaitkan dengan teknologi. Banyak disekitar kita yang memamerkan kegiatannya dengan berbuat kebaikan hanya untuk dipamerkan di media sosial. Remaja zaman sekarang banyak yang menyalahgunakan gaya hidup mereka. Terutama remaja -remaja yang tinggal di kota-kota besar. Sebagian dari mereka banyak menggunakan trend masa kini yang bergaya kebarat-baratan.  

Tidak hanya itu, banyak remaja terutama kaum adam di zaman sekarang yang sudah mengenal minum-minuman keras,rokok,bahkan narkoba.  Mereka beranggapan bahwa jika tidak mengkonsumsi barang-barang tersebut maka ia dinilai sebagai masyarakat yang ketinggalan zaman atau tidak gaul.  Ini juga salah satu contoh yang tidak baik, karena seseorang yang sudah kecanduan mengkonsumsi barang-barang itu, bisa merusak kesehatan mereka. 

Menurut Wilkipedia remaja adalah waktu manusia berumur belasan tahun. Masa remaja adalah masa dimana seseorang sedang mencari jati dirinya. Dengan demikian remaja tersebut dapat dengan mudah untuk meniru hal-hal yang dilakukan oleh orang lain. Masa remaja dimulai kira-kira umur 10-12 tahun dan berakhir pada umur 18-22 tahun. 

Di era modern ini sebaiknya para remaja dituntut untuk lebih berhati hati dalam segala hal, baik dalam pergaulan maupun penerapan hidup.  Untuk itu zaman yang serba modern ini orang tua yang mempunyai anak remaja harus lebih memantau pergaulan dan gaya hidup yang mereka terapkan.  

 

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Janna Widya Sari

    Add comment