Soloensis

Bahaya Junk Food untuk Kesehatan

Bahaya Junk Food Untuk Kesehatan

 

  Junk food biasa dikenal sebagai makanan instan atau makanan cepat saji. Makanan jenis ini memang sudah berkembang dengan pesat di indonesia. Makanan cepat saji dinilai sebagian orang lebih efektif terhadap waktu dan mudah ditemukan. Tak hanya itu saja, makanan cepat saji juga memiliki cita rasa yang lezat ditambah lagi harganya yang terjangkau. Selain itu juga, junk food sangat mudah di dapatkan.

    Makanan-makanan yang disebut sebagai junk food yaitu makanan-makanan cepat saji (fast food) yang mengandung kadar lemak tinggi, contohnya pizza, hamburger, ayam goreng, keripik kentang berkeju, cemilan-cemilan lainnya seperti kentang goreng bermentega,sampai merambah ke minuman bersoda.Makanan-makanan ini jika kita konsumsi secara berlebihan akan mengganggu kesehatan kita, seperti kegemukan (obesitas), kencing manis (diabetes), tekanan darah tinggi (hipertensi), kanker, stroke, dan lain sebagainya.

   Kita sebagai manusia yang membutuhkan kesehatan maksimal, sebaiknya mulailah untuk menyayangi diri sendiri dengan mengkonsumsi jenis makanan yang sehat. Penting juga untuk dijadikan pengetahuan bahwa berbagai jenis makanan instan dan cepat saji memiliki kandungan zat yang  sangat berbahaya.

   Sejumlah penelitian telah membuktikan bahwa keseringan mengkonsumsi makanan cepat saji memang tidak berdampak secara langsung ketubuh. Namun, makanan- makanan cepat saji yang dikonsumsi akan tertimbun didalam tubuh yang kemudian hari menjadi penyebab penyakit mematikan seperti kanker.

    Sedikit demi sedikit kita bisa mencoba mengurangi makanan-makanan yang memang kurang bermanfaat bagi tubuh kita, mulai memperhatikan makanan yang dikonsumsi, sehat itu mahal sebenarnya, karena jika kita sekarang dalam kondisi sakit, kita tidak bisa mengerjakan aktivitas-aktivitas yang selalu dilakukan dalam keseharian kita.

   Pada keluarga muda juga harus memperhatikan makan yang bagus untuk dikonsumsi. Karena biasanya keluarga muda atau keluarga yang baru saja menikah, lebih sering memilih untuk membeli makanan cepat saji dari pada memasak sendiri. Inilah kebiasaan yang harus kita hentikan. Dan harus memilih untuk memasak makanan yang sehat dan bergizi.

    Sebagai orang tua, Anda tentu tidak menginginkan anak Anda menjadi salah satu korban junk food. Sayangnya, kehidupan modern, dengan segala sesuatunya serbapraktis dan cepat, memungkinkan junk food mengambil bagian. Junk food ada di mana-mana. Anda mungkin tidak akan bisa membesarkan anak yang sama sekali tidak tersentuh junk food, namun banyak hal yang bisa Anda lakukan agar anak terhindar dari kebiasaan memakan junk food secara berlebihan.

    Menurut m.merdeka.com, berikut adalah tips agar terhindar dari junk food :

1. Tentukan batasan

    Coba kurangi pesanan junk food ketika Anda pergi ke restoran cepat saji. Misalnya hanya memesan burger tanpa soda.

2. Ngemil sehat

    Junk food membuat Anda tetap merasa lapar. Jadi lebih baik ngemil makanan lain saja yang menyehatkan. Misalnya buah-buahan segar atau kacang-kacangan.

3. Menemukan pengganti

    Daripada membeli junk food di restoran cepat saji, coba buat makanan Anda sendiri. Contohnya, buat sandwich dari roti gandum, sayuran, dan daging ayam tanpa lemak.

4. Tetapkan tujuan

     Ingin menghadiri sebuah acara dan ingin tampil sempurna? Kurangi konsumsi junk food Anda. Dengan menetapkan tujuan, biasanya kecanduan akan konsumsi junk food juga pelan-pelan bisa berkurang.

5. Hilangkan kebiasaan buruk

    Masih suka makan sambil nonton TV? Jika iya, mulai sekarang jangan begitu lagi. Sebab penelitian menyebutkan kalau makan sambil nonton TV membuat kita sulit fokus pada makanan.

    Jadi sekarang kita harus sadar dengan dampak yang berbahaya dari makanan instan. Walaupun makanan instan memiliki harga yang terjangkau, tapi janga sampai kita terkecoh mengkonsumsinya untuk setiap hari.

 

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Add comment